Sabtu, 01 Juni 2013

Ujian Nasional, Sistem Pembelajaran Yang Kurang Efektif


Hingga sekarang, saya masih belum bisa percaya dengan nilai NEM yang saya terima.. Jujur, saya masih sangat kecewa.. Bahkan saya sangat tidak percaya, bagaimana mungkin saya bisa mendapatkan NEM yang begitu kecil, hingga saya disejajarkan dengan siswa biasa..

Yang paling mencengangkan buat saya adalah, nilai Bahasa Indonesia dan Matematika.. Saya sangat terkejut sekaligus kecewa mendapatkan nilai Bahasa Indonesia yang bahkan tidak lebih dari 5.. Dan untuk matematika sendiri, saya hanya bisa mendapat 7 sekian.. Namun, saya sempat berpikir, dimana letak kesalahan saya (pada waktu mengerjakan UN Bahasa Indonesia) sehingga bisa mendapat nilai yang begitu kecil.. Padahal, untuk Bahasa Inggris, saya mendapat nilai 9..

Sangat disayangkan bagi saya, sistem pembelajaran di Indonesia sangat aneh dan bahkan tidak efektif.. 3 tahun saya belajar di SMP, ditentukan lulus atau tidak lulus selama 4 hari.. Saya pun tidak menyalahkan itu, namun apa jawaban yang di set di komputer scanner sendiri sudah benar?

Ini sebenarnya cukup tidak adil.. Saya punya teman sekelas yang mendapat ranking 3 waktu semester 1.. Namun, waktu UN, dia mendapat NEM yang bahkan lebih kecil daripada saya (rank 9) dan bahkan saya mendapat NEM yang lebih kecil daripadada siswa yang tidak masuk 10 besar sekalipun..

TO pertama, saya meraih posisi 4 di sekolah dengan NEM 29,90; TO kedua nilai turun menjadi 27 sekian, dan TO ketiga, nilai saya naik drastis menjadi 31,90; Namun UN.. Ya, sangat mengecewakan.. 

Saya sendiri sekarang merasa minder dan pesimis karena tidak bisa masuk SMA favorit kecuali jika memang ada jalur testing.. Berbeda pada saat UN yang begitu bersemangat dan optimis dengan target mendapat NEM 31 sekian..

Jika sistem pembelajaran seperti ini, jujur saya sangat terbebani, karena yang harus diasah adalah bakat dan kemampuan, bukan sembarang belajar.. Saya sendiri tertarik pada Matematika dan Fisika, tapi sekolah memang menuntut untuk MENGUASAI semua mata pelajaran.. Ya, MENGUASAI...

Namun bagi kalian yang merasa dirugikan dengan NEM yang begitu kecil, jangan terlalu kecewa, karena NEM ini tidak membuktikan apa-apa.. Siapapun bisa mendapat NEM 32 atau bahkan lebih.. Padahal kita yakin bahwa mereka masih dibawah kita.. Ya, ini hanya keberuntungan.. KEBERUNTUNGAN...

Tidak ada komentar: