Selasa, 04 Juni 2013

Ujian Nasional dan KEBERUNTUNGAN


Masih seputar Ujian Nasional SMP 2013.. Sudah tau kan, kalo saya dapet NEM yang begitu buruk? Kalo belum, baca post-an sebelumnya.. hehe.. Tapi pada kenyataannya, BANYAK sekali yang mendapatkan hasil UN yang buruk (kecil).. Dan setelah saya lihat, mereka semua adalah siswa-siswi yang pandai di sekolah kami..

Ya, ini nyata terjadi, khususnya di kota Bandung sendiri.. Banyak yang bahkan tidak percaya dengan NEM yang begitu kecilnya, sehingga ada beberapa yang menangis waktu pembagian NEM.. Saya sendiri cukup sedih ketika melihat NEM yang begitu kecil.. Tapi, seperti terbalik, banyak yang mendapatkan NEM kecil diantaranya adalah siswa-siswi yang menonjol dan pandai, sementara yang dianggap biasa, mendapatkan NEM besar..

Barusan, saya sempat ngobrol dengan salah satu teman saya yang menurut saya pandai, dia (hingga saat ini) masih belum percaya dengan NEM yang dia dapat.. Sama halnya dengan saya, saya pun cukup kecewa dan justru tidak percaya, mengapa saya bisa mendapatkan NEM yang begitu kecil.. Teman saya juga sempat berpendapat, katanya “Gak yakin aku dapet segitu, kok bisa ya.. Padahal aku udah optimis banget waktu ngerjain UN.. Toh soalnya gak susah-susah amat”..

“ANEH.. ANEH BANGET.. “ itu yang selalu terpikir oleh saya saat mau tidur, bangun tidur, makan bahkan setiap saat, saya selalu dihantui rasa kekecewaan.. Ini sungguh aneh bagi saya, apakah saya memang tidak beruntung??

Saya juga punya teman yang kemarin dapat NEM yang bagus.. Waktu saya bilang ke dia, “Wah, NEM nya bagus” dia malah jawab “Iya, lagi hoki”.. Saya langsung berpikir, MANA ADA UN HOKI?! INI BUKAN MASALAH KEBERUNTUNGAN! INI SOAL TANGGUNG JAWAB! APA YANG SUDAH KITA PELAJARI SELAMA 3 TAHUN, MASA WAKTU UN KITA MENGANDALKAN KEBERUNTUNGAN!

Saya justru tidak habis pikir.. Saya hanya ingin memohon kepada pemerintah, tolong hilangkan UN, karena saya rasa juga ini tidak efektif.. Saya lebih menghargai sistem TES LISAN untuk menguji kemampuan siswa.. Jika lulus dan siap ke jenjang yang lebih tinggi, barulah pakai jalur testing, agar siswa pun menjadi lebih aktif dan cenderung berpotensi...

Tidak ada komentar: